Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Saturday, March 24, 2018

Mengenal Para 25 Nabi dan Rasul secara singkat



Sahabat binsani yang budiman, tentunya kita pernah mendengar bahkan melihat dan menyaksikan berbagai macam huru- hara yang pernah terjadi di sekitar lingkungan tempat tinggal atau tempat aktivitas sehari-hari. Perbuatan huru-hara yang dimaksud secara sederhana di kalangan pelajar misalnya terjadi tawuran antar pelajar. Ironisnya lagi jika tawuran tersebut ternyata terjadi karena hal yang sangat sepele.
Perbuatan semacam ilustrasi di atas tidak perlu kita tiru karena menunujukkan sikap tidak beriman kepada Rasul. Orang yang beriman kepada Rasul selalu menampilkan perilaku  terpuji, seperti belas kasih, membantu sesama, dan saling menghormati. Nah dalam artikel ini marilah kita kenali terlebih dahulu siapakah rasulullah itu dan apa perannya dalam kehidupan manusia.
1.       Para Nabi/Rasul yang wajib kita kenal
Rasul berasal dari kata arsala artinya mengutus. Rasul Allah berarti seorang laki-laki yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan risalah kepada umatnya. Selain rasul dikenal juga istilah nabi. Kata nabi berasal dari kata naba yang berarti ditinggikan. Menurut istilah nabi adalah seorang manusia biasa berjenis kelamin laki-laki yang dipilih oleh Allah untuk menerima wahyu.
dari pengertian di atas kita dapat menarik kesimpulan bahwa nabi dan rasul itu terdapat perbedaan meskipun sama-sama manusia berjenis kelamin pilihan Allah swt untuk memperoleh wahyu. Perbedaanya adalah terletak pada kewajibanya menyampaikan syariat kepada umatnya. Seorang nabi tidak berkewajiban menyampaikan syariat kepada umatnya.sedangkan rasul berkewajiban untuk menyampaikan kepada umatnya.
Nabi dan Rasul sangatlah banyak, akan tetapi terdapat 25 nabi dan rasul yang dijelaskan dalam Al-Qur’an dan harus kita yakini keberadaanya. Nama-nama nabi dan rasul tersebut antara lain :
a.       Nabi Adam a.s.
b.      Nabi Idris a.s.
c.       Nabi Nuh a.s.
d.      Nabi Hud a.s.
e.      Nabi saleh a.s.
f.        Nabi Ibrahim a.s.
g.       Nabi Lut a.s.
h.      Nabi Ismail a.s.
i.         Nabi Ishaq a.s.
j.        Nabi Yakub a.s.
k.       Nabi Yusuf a.s.
l.         Nabi Ayyub a.s.
m.    Nabi Syuaib a.s.
n.      Nabi Musa a.s.
o.      Nabi Harun a.s.
p.      Nabi Zulkifli a.s.
q.      Nabi Daud a.s.
r.        Nabi Sulaiman a.s.
s.       Nabi Ilyas a.s.
t.        Nabi Ilyasa a.s.
u.      Nabi yunus a.s.
v.       Nabi Zakaria a.s.
w.     Nabi Yahya a.s.
x.       Nabi Isa a.s.
y.       Nabi Muhammad saw.

Diantara 25 nabi dan rasul yang disebutkan di atas. terdapat lima (5) rasul yang memiliki gelar ulu azmi. Gelar tersebut diberikan karena mereka memiliki ketabahan, keuletan, dan kesabaran menghadapi umatnya dalam menyampaikan syariat. kelima Rasul tersebut adalah :
a.       Nabi Nuh a.s
b.      Nabi Ibrahim a.s
c.       Nabi Musa a.s
d.      Nabi Isa a.s.
e.      Nabi Muhammad saw
Para Rasul dikarunia sifat-sifat khusus sebagai bekal dalam menjalankan tugas menyampaikan risalah Allah swt. Sifat khusus yang dimiliki antara lain yaitu ; sidiq (benar0, amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan), dan fatanah (cerdas)
Selain dibekali sifat khusus rasul juga diberikan mukjizat, yang berarti kejadian luar biasa yang umumnya manusia tidak mampu medatangkan hal serupa. Tujuan adanya mukjizat untuk membuktikan kenabian dan menambah keyakinan para pengikutnya.

Demikianlah sahabat dakwah binsani, nama- nama nabi dan rasul yang dapat penulis sampaikan. semoga dapat menambah wawasan kita semua. amiin...
sampai jumpa di artikel berikutnya :
 5 macam tugas-tugas rasulullah di muka bumi

Tanda-tanda serta perilaku yang menunjukkan beriman kepada rasulullah
Penerapan Iman kepada rasul dalam kehidupan sehari-hari .


sumber :
Thoyar, Husni: 2011, “ Pendidikan Agama Islam Untuk SMA kelas XI” , Jakarta :Pusat Kurikulum dan Perbukuan kementrian pendidikan Nasional ; hal  38-40

No comments: