Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Wednesday, March 28, 2018

5 macam tugas-tugas nabi dan rasul di muka bumi



Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh
selamat berjumpa kembali sahabatku dakwah binsani yang budiman. Jika dalam artikel sebelumnya penulis telah mengenalkan 25 nabi dan rasul meskipin secara singkat. lebih jelasnya silahkan klik dulu disini bagi yang belum membacanya. Nah... pada kesempatan yang berbahagia ini penulis kembali hadir dengan tema 5 macam tugas- tugas rasulullah di muka bumi.
Sahabat binsani yang budiman telah kita ketahui sebelumnya bahwa Allah telah mengutus beberapa manusia pilihan-Nya dimuka bumi ini sebagai utusanya.  Para rasul yang di utus oleh Allah mempunyai tugas-tugas tertentu antara lain:

1.      Menegakkan Tauhid
Setiap rasul selalu mengajarkan umatnya agar menyembah kepada Allah swt dan menjauhi syirik. Para rasul selalu berusaha menegakkan kalimat tauhid agar diyakini umatnya sebagaimana dapat ditemukan dalam Al-Qur’an bebrikut ini.
وَمَا أَرْسَلْنَا مِن قَبْلِكَ مِن رَّسُولٍ إِلَّا نُوحِي إِلَيْهِ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنَا فَاعْبُدُونِ [٢١:٢٥]
artinya : Dan Kami tidak mengutus seorang rasulpun sebelum kamu melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang hak) melainkan Aku, maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku". (QS. Al-Anbiya’ (21) : 25)

2.      Mengajak manusia untuk menjauhi tagut
Sebagaimana tugas pertama rasul, para rasul juga bertugas mengajak umatnya agar menjauhi tagut. tagut adalah sesemabahan selain Allah. Ketentuan tersebut dapat kita lihat dalam Surah An-Nahl ayat 6
وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَّسُولًا أَنِ اعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ ۖ فَمِنْهُم مَّنْ هَدَى اللَّهُ وَمِنْهُم مَّنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلَالَةُ ۚ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ [١٦:٣٦]
artinya :Dan sungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu", maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu dimuka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul). ( An-Nahl : 6)

3.      Mengarahkan ke jalan yang benar
Rasul selalu memberi petunjuk kepada umatnya ke jalan yang benar. Para rasul menjelaskan kepada umatnya batas-batas yang boleh dan tidak boleh dikerjakan. selain itu rasul juga bertugas untuk membawa manusia memalingkan keinginan hawa nafsu menuju kebahagiaan yang lebih kekal, yaitu akhirat.
إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ بِالْحَقِّ بَشِيرًا وَنَذِيرًا ۚ وَإِن مِّنْ أُمَّةٍ إِلَّا خَلَا فِيهَا نَذِيرٌ [٣٥:٢٤]
artinya : Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada suatu umatpun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan. (Fathir : 24)

4.      Menyampaikan Kabar Gembira Memberi Peringatan Kepada Manusia
Rasul bertugas menyampaikan kabar gembira tentang kehidupan Akhirat yang menyenangkan kepada umat yang beriman. Akan tetapi, rasul juga mengemban tugas memberi peringatan kepada manusia dan menyampaikan ancaman berupa siksa bagi mereka yang menjalankan larangan Allah dan berbuat maksiat. Perhatikan Firman Allah di bawah ini :
وَمَا نُرْسِلُ الْمُرْسَلِينَ إِلَّا مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ ۖ فَمَنْ آمَنَ وَأَصْلَحَ فَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ [٦:٤٨]
artinya :Dan tidaklah Kami mengutus para rasul itu melainkan untuk memberikan kabar gembira dan memberi peringatan. Barangsiapa yang beriman dan mengadakan perbaikan, maka tak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.  (Al- An’am : 48)

5.      Menjadi Teladan Yang Baik
Setiap sikap dan perbuatan rasul menunjukkan akhlak terpuji sehingga menjadi teladan bagi umat manusia. Jika kita menginginkan selamat dunia Akhirat  maka meneladani rasul Allah adalah pilihan yang tepat.
لَّقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِّمَن كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا [٣٣:٢١]
artinya : Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. ( Al-Ahzab : 21)

Demikianlah Sahabat Binsani. Dengan adanya artilkel di atas semoga dapat menambah wawasan juga menambah keimanan di dalam hati kita semua. jangan lupa ikuti artikel-artikel kami yang selanjutnya.

Tanda-tanda serta perilaku yang menunjukkan beriman kepada rasulullah
Penerapan Iman kepada rasul dalam kehidupan sehari-hari .

artikel terkait :



Sumber :
Ki Hadi Seno Al-kadiry ; Software Islam kaffah  “Alqur’an digital”
Thoyar, Husni: 2011, “ Pendidikan Agama Islam Untuk SMA kelas XI” , Jakarta :Pusat Kurikulum dan Perbukuan kementrian pendidikan Nasional ; Hal 40-42




No comments: