Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Saturday, January 6, 2018

pentingnya mengembangkan IPTEK- Surah Yunus ayat 101 dan Al baqoroh 164.


Gb. Iptek sumber : riyan.blogspot.com

Ilmu Pengetahuan menempati posisi yang sangat terhormat dalam Islam. sejak awal kelahiranya, Islam menekankan umatnya untuk belajar dan menguasai ilmu pengetahuan. bagaimanakah kita sebagai umat Islam menyikapi pentingnya ilmu pengetahuan? dalam artikel ini penulis akan berbagi pengetahuan tentang ayat-ayat Al-qur’an yang berhubungan dengan pengembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu Surah Yunus (10) ayat 1 dan Al baqoroh (2) ayat 164.
A.    Surah Yunus (10) Ayat 101

قُلِ انظُرُوا مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَمَا تُغْنِي الْآيَاتُ وَالنُّذُرُ عَن قَوْمٍ لَّا يُؤْمِنُونَ [١٠:١٠١]

Artinya :Katakanlah: "Perhatikanlah apa yaag ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman".


1.      Penjelasan Ayat
Qur’an surat Yunus adalah surat yang ke 10  terdiri atas 109 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah terkecuali ayat 40,94,95 yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW ketika berada di Madinah. Surat ini dinamakan  “surat Yunus” karena dalam surat ini terutama ditampilkan kisah Nabi Yunus A.S. dan pengikut-pengikutnya yang teguh imannya. Pada ayat yang ke 101 dalam surat Yunus, Allah swt memerintahkan kita untuk memperhatikan fenomina alam yang terjadi di langit dan di bumi. Fenomina alam itu akan memperlihatkan tanda-tanda kebesaran Allah swt. Jika kita telah memperlakukan hal yang demikian, akan dapat mempertebal keimanan kita kepada Allah swt. Tapi sebaliknya tanda-tanda kebesaran Allah itu tidak ada manfaatnya bagi orang-orang yang ingkar atau kafir. Allah menurunkan undang-undangnya berupa wahyu yang terangkum dalam ayat-ayat Al Qur’an ( ayat Qouliyah ), namun juga menurunkan undang-undangnya yang terdapat di alam raya (ayat Kauniyah)

2.      Penafsiran Surah yunus 101
Katakanlah, “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan bumi. Namun, tidaklah bermanfaat bukti-bukti (Kekuasaan Allah) dan para pemberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman.”
Qul (katakanlah) kepada mereka, hai Muhammad!
Uηzhurū mādzā fis samāwāti (perhatikanlah apa yang ada di langit), seperti matahari, bulan, dan bintang-bintang.
Wal ardl (dan bumi), yakni dan apa yang ada di bumi, seperti pepohonan, hewan-hewan, gunung-gunung, dan lautan. Semuanya merupakan bukti bagi kalian. Selanjutnya Allah Ta‘ala berfirman:
Wa mā tughnil āyātu wan nudzuru (namun, tidaklah bermanfaat bukti-bukti [Kekuasaan Allah] dan para pemberi peringatan), yakni rasul-rasul.
‘Ang qaumil lā yu’minūn (bagi orang-orang yang tidak beriman) menurut ilmu Allah Ta‘ala.
3.       Isi Kandungan Surah Yunus 101
Ayat ini memberikan pesan yang sangat kuat bahwa Islam adalah Ilmu pengetahuan, bukan hanya menghargai Imu Pengetahuan, tetapi secara aktif menyuruh, memerintahkan pemeluknya untuk memperhatikan alam sekitar dan mempelajarinya dengan mempergunakan akal yang dikaruniakan Allah swt.
 Langit dan Bumi adalah makhluk Allah swt. Penciptaan langit dan bumi di sebut oleh Allah swt. sebagai lebih hebat dari penciptaan manusia. sebutan ini tidak mengherankan jika kita melihat betapa luas langit dan rumit kehidupan yang terbentang di dalamnya.
Menurut pengetahuan terkini, lebar langit sama dengan lebar alam semesta, yaitu 30 miliar tahun cahaya. Artinya cahaya yang tiap detiknya mampu melaju sejauh 300 kilometer membutuhkan waktu 30 miliar tahun untuk melintasi tepi alam semesta. ada apakah di langit. inlah yang di perintahkan oleh Allah kepada kita untuk memperhatikanya.  Di alam semesta terdapat susunan tata surya dengan matahari sebagai pusatnya yang dikelilingi oleh planet. bumi adalah satu dari semua planet yang memiliki kehidupanya di dalamnya.
Manusia mempunyai peranan penting  dalam kehidupan di bumi. Allah menciptakan manusia berbangsa-bangsa dan bersuku-suku. Allah pun juga menyebar manusia di seluruh permukaan bumi. keadaan ini menyebabkan manusia dan kelompok manusia memiliki keunikan tersendiri. Dalam surah yunus ayat 101 secara tidak langsung manusia di perintahkan untuk memperhatikan makhluk bumi yang paling istimewa. makhluk tersebut tidak lain juaga manusia dengan segala bentuk kehidupan dan kepentingan mereka. dari pengamatan terhadap manusia muncullah ilmu sosiologi, ekonomi, dan berbagai macam sosial lainya.
Kesimpulan :
Memperhatikan langit juga berarti mengamati Iklim. mengamati manusia berarti juga mencari cara berinteraksi dengan baik sehingga kepentingan masing-masing dapat terpenuhi. pelajaran yang dapat diambil dari ayat ini adalah Islam agama ilmu pengetahuan . Allah swt menyuruh kita untuk senantiasa belajar dan mempelajari alam semesta beserta seluruh isinya. pengetahuan dan pengamatan yang kita peroleh selanjutnya kita kembangkan dalam tujuan :
1.      unutk menunjang kehidupan kita di dunia
2.      sebagai sarana menemukan Allah dan meningkatkan keimanan kita kepada-Nya
v  Materi PAI smk kelas X, XI, XII lengkap klik di daftar isi

B.     AlQUR’AN SURAH ALBAQOROH AYAT 164

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِن مَّاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِن كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَعْقِلُون
Artinya : Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

1.      Penjelasan ayat
Surat Al Baqarah diturunkan di Madinah, terdiri dari 286 ayat, dan tergolong surat-surat Madaniah. Surat Al Baqarah termasuk kedalam tuuh surat Al Qur'an yang terpanjang (As Sab'ul Thiwal), bahkan di dalam surat Al Baqarah terdapat ayat terpanjang. Dinamai Al Baqarah atau Sapi Betina karena di dalamnya terdapat kisah penyembelihan sapi betina oleh Bani Israil.
2.      Mufrodat

3.      Penerapan Tajwid

4.      Isi kandungan Surah Albaqoroh 164
Alam adalah sarana manusia untuk melakukan penggalian ilmu pengetahuan. Seharusnya manusia sebagai khalifah di muka bumi ini mampu menggunakan akalnya untuk menggali lebih dalam ilmu pengetahuan tersebut agar dapat diambil manfaatnya demi kesejahteraan dunia dan akhirat.
Adanya pergantian sing dan malam secara konsisten, bertiupnya angin dengan kencang, berlayarnya bahtera di lautan merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah swt. bagi orang yang berfikir.
Langit dengan pelanet dan macam-macam bintangnya semua berjalan dan bergerak menurut tata tertib dan aturan ilahi, tidak ada yang menyimpang dari aturan itu.
Allah swt menurunkan hujan dari langit sehingga bumi yang telah mati menjadi hidup dan subur. segala macam hewan juga dapat melangsungkan hidupnya dengan adanya air tersebut.
Allah swt telah menciptakan pengisaran angin, yang ada kalanya membawa berkah dan ada kalanya membawa bencana.
Allah swt menciptakan langit yang kita saksikan ketinggiannya, keindahannya, keleluasaannya dan apa yang ada di langit atau ruang angkasa yaitu 100 miliar galaksi, di mana setiap galaksi terdiri atas 100 miliar bintang.
5.      Hikmah Q.S Al Baqarah : 164
Mendorong setiap muslim untuk selalu tafakur dan tadabur terhadap seluruh kejadiann di alam semesta ini.
Mendorong setiap muslim untuk lebih menggunakan pikirannya dalam menyingkap rahasia alam semesta, sehingga akan bertambah yakin terhadap kekuasaan dan keagungan Allah swt.
Mendorong kaum muslimin untuk lebih giat lagi dalam menuntut ilmu dan mengembangkan teknologi sehingga keberadaannya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Memberikan motivasi bagi setiap manusia agar selalu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena sangat diperlukan dan sangat penting bagi kemajuan umat manusia.

Sumber :
Departemen Agama : 2015, Al-Qur’an dan Terjemahanya”, PT. Karya Azzahra Mandiri; Jakarta
Thoyar, Husni : 2011, “pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas XII”,pusat kurikulum dan perbukuan kementrian pendidikan Nasional


http://www.notestudent.net/2015/05/hikmah-dan-kandungan-surat-al-baqarah.html#.WlC1KdKWbMw 

No comments: