Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Saturday, January 13, 2018

Macam-macam Qodo dan Qodar (Takdir) Allah



Sahabat Binsani Qodo dan Qodar merupakan salah satu rukun Iman Kepada Allah SWT. dan kita sebagai umat manusia wajib mengimaninya. Qodo dan Qodar Atau Takdir dibagi menjadi Dua (2) yaitu :
a.       Takdir Mubram
Takdir Mubram adalah takdir yang telah ditetapkan oleh Allah secara pasti dan mendasar bagi setiap makhluk. Sebagaimana yang telah di jelaskan dalam ayat-ayat Alqur’an yang telah kita baca dalam  artikel sebelum nya (Pengertian dan Contoh-contoh Qodo dan Qodar).
Penciptaan Alam semesta dan isinya telah ditetapka oleh Allah dengan ukuran-ukuran tertentu. Penetapan ukukuran-ukuran dan ketentuan ini didasarkan pada kehendak Allah Misalnya : Jenis kelamin manusia, Sifat air yang mengalir dari atas ke bawah, planet yang beredar dalam orbitnya, dll. Takdir ini disebut sebagai takdir Mubram

b.       Takdir Muallaq
Takdir Muallaq yaitu takdir yang pelaksanaanya sangat dipengaruhi oleh usaha manusia. Pelaksanaan takdir mu’alllaq ini berlaku menurut sebab akibat yang ditetapkan Allah bagi kehidupan di muka bumi.Allah memberikan kesempatan kepada Makhluk-nya unutk berkreasi dan berusaha sebaik mungkin untuk menyikapi keadaan mereka. Kesempatan ini hanya berlaku manusia dan jin karena akal dan nafsu yang dikaruniakan Allah swt kepada keduanya.
Manusia dan jin dapat berusaha untuk menyikapi keadaan mereka. akan tetapi keputusan terakhir yang kan terjadi tetap ditangan Allah. Dengan demikian, terjadinya sesuatu bukan berdasarkan rencana Allah swt semata, melainkan mengikutkan peran manusia untuk menjadi kenyataan.
Contoh takdir Muallaq adalah hasil yang diperoleh manusia berkaitan dengan kekayaan harta, kepandaian ilmu, kesuksean hidup, atau kesehatan tubuh.

Demikian sahabat binsani. sedikit artikel yang dapat penulis sampaikan semoga dapat menambah wawasan kita semua serta meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

                        : Tanda-tanda Iman Kepada Qodo dan Qodar (Takdir) Allah
                        : Hikmah Iman kepada Qodo dan Qodar dan cara penerapanya.


Sumber :
Departemen Agama : 2015, Al-Qur’an dan Terjemahanya”, PT. Karya Azzahra Mandiri; Jakarta
Thoyar, Husni : 2011, “pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas XII”,pusat kurikulum dan perbukuan kementrian pendidikan Nasional


No comments: