Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Friday, January 19, 2018

HIKMAH BERIMAN KEPADA QODO DAN QODAR SERTA CARA PENERAPANYA.


Sahabat binsani yang budiman, setelah kita mengetahui dan memahami beberapa tulisan kami sebelumnya (Qodo dan Qodar). Iman kepada Qodo dan Qodar mempunyai hikmah antara lain :

1.      Meningkatkan Keimanan kepada Allah
Iman kepada qodo dan qodar merupakan salah satu rukun iman . Dengan mengimani qodo dan qodar berarti meningkatkan keimanan kepada Allah dan rukun iman yang lain. Mengimani qodo dan qodar berarti juga mempercayai bahwa ada zat yang maha menentukan, yaitu Allah SWT

2.      Menyebabkan jiwa terasa tentram
Beriman kepada qodo dan qodar menyebabkan hidup terasa tentram, sebab kita lebih siap menghadapi segala sesuatu yang terjadi. Baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Saat mendapatkan kesenangan tidak membuat kita sombong. Demikian juga saat menghadapi kesusahan, tidak mudah berkeluh kesah.
3.      Menumbuhkan Jiwa Pemberani
Dengan mengimani takdir Allah, kita semakin yakin bahwa masa depan hidup kita ditentukan oleh Allah, bahkan Allah juga telah menetapkan batasan umur kita. jika kita meyakini hal demikian, rasa tekut saat melakukan kebajikan, meskipun ada resiko kematian hilang, akibanya kita akan miliki jiwa pemberani.

4.      Menumbuhkan semangat bekerja
Agar mendapatkan takdir yang baik, manusia perlu melakukan ikhtiar dengan baik dan sungguh-sungguh. Ikhtiar juga harus disempurnakan dengan selalu berdo’a  dan bertawakal terhadap Allah SWT.
5.      Semakin Optimis dalam menjalani hidup
Orang yang memiliki keyakina yang kukuh kepada qodo dan qodar, semakin optimis pula dalam menjalani hidupnya. Ia akan cenderung berbaik sangka kepada Allah tentang apa yang terjadi.  Ia meyakini bahwa ketetapan Allah pasti mengandung kebaikan bagi semua makhluk-Nya termasuk manusia.
6.      Menumbuhkan Soft Skiil.

Untuk menggapai kesuksesan perlu memiliki kemapuan mengelola diri sendiri dan orang lain (soft skiil) yang diwujudkan dengan sikap tanggung jawab, kemampuan mengatur, berkomunikasi, memecahkan masalah, dan memimpin.
7.      Seimbang antara Ikhtiar, Do’a, dan Tawakal.

Pemahaman terhadap qodo dan qodar akan membimbing kita menjalani hidup secara benar. Dalam sehari-hari kita perlu menyeimbangkan antara Ikhtiar, do’a, dan tawakal. Sealain dengan Ikhtiar dan do’a kita juag menyempurnakan dengan tawakal, yaitu dengan berpasarah diri kepada Allah terhadap hasil usaha dan do’a kita.


Dari uraian di atas pembahasan kita tentang qodo dan qodar, penulis rasa sudah cukup. semoga dengan artikel ini .kita dapat menambah wawasan dan menambah kuat Iman kita kepada Allah.

No comments: