Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Friday, December 15, 2017

Subhanallah,......Gempa di tasikmalaya sangat terasa getaranya hingga daerah solo raya jawa tengah



sahabat binsani, semalam sekitar tengah malam badan terasa di guncang, memang betul semalam ada gempa  tadi malam  bahkan penulis yang berada di daerah jawa tengah saja tepat di Klaten sempat merasakan getaran gempa tersebut. bagaimana keadaan dan situasi di tasikmalaya simak penjelasan berikut simak penjelasan berikut yang penulis ambil dari detik.com
BNPB menyebut 3 wilayah di Jawa Barat yakni Tasikmalaya, Pangandaran dan Ciamis sebagai daerah yang paling mengalami kerusakan akibat gempa 6,9 SR. Selain itu wilayah lain juga seperti Garut dan Cilacap juga megalami kerusakan.
"Daerah yang terdampak gempa yang merusak terdapat di Kabupaten Pangandaran, Tasikmalaya, Ciamis, Kota Banjar, Garut, Cilacap, Kebumen, Kota Pekalongan, Banyumas, Brebes dan Banjarnegara," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Sabtu (16/12/2017).
Dia mengatakan pusat gempa berada di 6 km Tasikmalaya. Titik gempa itu membuat Tasikmalaya, Pangandaran dan Ciamis menglami guncangan terparah.
"Mengingat pusat gempa berada di 6 km arah tenggara Kota Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya, maka daerah yang terdampak guncangan keras dan merusak adalah di Kabupaten Tasikmalaya, Pangandaran dan Ciamis di Provinsi Jawa Barat," lanjut Sutopo.
“dengan peristiwa bencana alam ini hendaknya kita mereview ulang, mungkin saja kita masih banyak kesalahan sehingga saudara kita yang ada di Tasikmalaya harus menanggung deritanya.”
Dia menyebut 2 orang meninggal dunia, 7 orang luka akibat gempa. Puluhan rumah juga mengalami kerusakan akibat kejadian tersebut.
"Dampak gempa di wilayah Jawa Barat adalah 1 orang meninggal dunia, 6 orang luka-luka, 17 rumah rusak berat, 59 rumah rusak sedang, dan 10 rumah rusak ringan. Sedangkan di Jawa Tengah, 1 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat, 26 rumah rusak berat dan roboh, dan 6 rumah rusak sedang," pungkasnya.
Gempa 6,9 SR yang terpusat di Tasikmalaya terjadi pada Jumat malam pukul 23.47 WIB. Getaran gempa dirasakan hingga ke wilayah Jawa Timur. pada saat ini penulis sedang ada di pos ronda dan masyarakatpun banyak yang kaget dan berhamburan keluar. maklum masih trauma dengan kejadian gempa jogja tahun 2006 silam
Namun 2 jam setelah gempa peringatan itu resmi diakhiri oleh BMKG


No comments: