Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Monday, December 4, 2017

Akhlak terpuji _ Pengertian Rida serta contoh dalam kehidupan sehari-hari


Akhlak terpuji _ Pengertian Rida serta contoh dalam kehidupan sehari-hari
Sahabat Binsani yang budiman, Allah swt. memberikan karunia rezeki tanpa batas, tetapi Dia menetapkan takaran atau ukuran kepada tiap-tiap hambaNya. dalam artikel ini penulis membahas tentang salah satu sifat terpuji yaitu Rida serta beberapa contoh yang perlu kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari
1.      Pengertian Rida
Rida adalah sikap menerima segala ketentuan Allah Swt, tenang dalam menghadapi cobaan dengan senantiasa berusaha, dan tidak mudah putus asa. bersikap rida berarti menerima secara sungguh-sungguh dari dalam hati atas pemberian Allah melalui nalar pikiran yang positif bahwa Allah telah memberikan kenikmatan sesuai ukuran kebutuhan kita.
Jika seseorang memiliki kehendak yang besar, tetapi tidak sesuai dengan kenyataan, akan menyebabkan strees. dalam kondisi yang seperti ini sifat Rida terhadap apapun yang merupakan kehendak Allah merupakan solusi terbaik
Dengan adanya kesadaran bahwa perolehan rezki manusia telah ditentukan oleh Allah, mengantarkan kita harus rela menerima kenyataan yang tengah dihadapi. Anjuran untuk bersikap Rida dengan ketetapan yang telah terjadi memberi pelajaran kepada kita bahwa mengeluh diiringi penyesalan dan angan-angan kosong tentang sesuatu yang telah terjadi, tidak boleh kita lakukan.
perilaku rida bukan berarti pasrah buta dalam mencari rezeki Allah. contoh sebagai pelajar perilaku rida dapat diwujudkan dengan belajar sungguh-sungguh kemudian bersyukur atas nilai yang didapatkan apapun hasilnya.
Kita perlu selalu menumbuhkan pikiran positif (husnuzzan) kepada sang pemberi rezeki, saat kita mendapatkan rezeki yang sedikit, kita harus seingat mungkin jika diberiNya rezeki yang berlebih justru dapat menimbulkan dampak negatif bagi diri kita karena semakin menjauh dari Allah Swt. Apapun yang terjadi dan merupakan ketentuan Allah harus kita sikapi dengan rasa rida
perhatikan firman Allah berikut :
وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ [١٤:٧]
Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".(QS. Ibrahim 14:7)

2.      pentingya berperilaku rida dalam kehidupan sehari-hari
perilaku Rida dapat diwujudkan dengan sikap sebagai berikut :
a.      selalu berpikir positif
dengan berpikir positif terhadap apapun yang kita dapatkan. kita bertawakal kepada Allah dengan mempercayakan yang Dia tetapkan kepada kita.
b.      selalu berikhtiar kepada Allah
sikap Rida ditunjukkan dengan selalu bersungguh-sungguh dalam bekerja. dengan demikian, kita tidak boleh mudah menyerah saat menghadapi masalah.
c.       Mampu mengambil hikmah dari segala ketentuan Allah
agar tidak gampang putus asa hendaknya membiasakan diri melakukan instropeksi dengan cara menggali hikmah dari segala sesuatu yang dialami baik buruk ataupun baik.
d.      senantiasa bersyukur atas segala sesuatu
dengan bersyukur kepada Allah atas kenikmatan yang kita terima maka, Allah akan melipat gandakan kenikmatan tersebut. dengan demikian akan membawa pengaruh positif dalam kehidupan sehari-hari.


mau cari materi PAI smk yang lain klik di daftar isi
Sumber :
Departemen Agama : 2015, Al-Qur’an dan Terjemahanya”, PT. Karya Azzahra Mandiri; Jakarta
Thoyar, Husni : 2011, “pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas XII”,pusat kurikulum dan perbukuan kementrian pendidikan Nasional


No comments: