Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Sunday, December 3, 2017

contoh RPP PAI kelas x K-13 revisi SMA/SMK


Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan salah syarat agar guru dapat mengajar lebih baik dan terarah. Dalam artikel ini penulis memberikan salah contoh RPP kurikulum 2013 revisi. yang dapat anda lihat seperti dibawah ini.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NamaSekolah              : SMK Kesehatan Bhakti Insani
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester          : X / 1
PertemuanKe              : 1-4
Semester                      : 1
AlokasiWaktu             : 3x45 menit      : 1 Minggu


Kompetensi Inti                                 :
(KI-1)  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya;
(KI-2)  Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramahlingkungan,  gotongroyong, kerjasama, cintadamai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secarae fektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(KI-3)   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,  dan humani oradengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah;
(KI-4)  Mengolah,  menalar, danmenyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KompetensiDasar                  :
1.3       Meyakini bahwa Allah Maha Mulia, Maha Mengaman­kan, Maha Memelihara, MahaSempurna Kekuatan-Nya, Maha Penghimpun, Maha Adil danMahaAkhir
2.3  Memiliki sikap keluhuran budi  kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan adil sebagai implementasi dari
3.3    Menganalisis makna Asmaul Husna: al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al‘Adl, dan al-Akhir.
4.3    Menyajikan hubungan makna Asmaul Husna al-Karim, al-Mu’min, al-Wakil, al-Matin, al-Jami’, al-‘Adl, dan al-Akhirdenganperilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, rasa aman, tawakal dan perilaku adil.


I.    INDIKATOR
1.         Mengidentifikasi Makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min
2.        Memverifikasi makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min (menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau Al-Mu’min dengan berbagai Sumber.
3.        Membuat Peta Konsep mengenai Makna Asmaul Husna Al-Jami, Al-Adil dan Al-Akhir, dan mempresentasikan di depan kelas.
4.        Mengidentifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku sehari-hari

II. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi dan menggali informasi siswa dapat :
1.    Mengidentifikasi Makna Asmaul Husna Al-Karimdan Al-Mu’min
2.    Memverifikasi makna Asmaul Husna Al-Karimdan Al-Mu’min (menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau Al-Mu’min dengan berbagai Sumber.
3.    Membuat Peta Konsep mengenai Makna Asmaul Husna Al-Jami, Al-Adildan Al-Akhir, dan mempresentasikan di depankelas.
4.    Mengidentifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku sehari-hari

III.       MATERI POKOK
a.    Makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adldan al-akhiir )
b.    Hubungan makna Asmaul Husna ( al-kariim, al-mu’min, al-wakiil, al-matiin, al-jamii’, al-‘adldan al-akhiir )
c.    Contoh perilaku: keluhuran budi, kokoh pendirian, memberi rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
d.   Sikap yang mencerminkan keluhuran budi, kokoh pendirian, memberi rasa aman, tawakkal dan berperilaku adil.
e.    Hubungan makna Asmaul Husna dengan perilaku sehari-hari

IV. PENDEKATAN, MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan : Scientific ( 5 M )
Model         : Discovery Learning, Problem Base Learning, Project Base Learing
Metode       : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi

V.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan
RincianKegiatan
Waktu
( menit )
PERTAMA
A. KegiatanAwal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- Penyampaian Tema dan Tujuan Pembelajaran & RencanaKegiatan

15’

B. KegiatanInti
1.    Mengamati Buku (artikel) tentang : MaknaAsmaulHusna Al-Karimdan Al-Mu’min.
2.    Mengidentifikasi Makna Asmaul Husna Al-Karimdan Al-Mu’min
3.    Menggali data tentang Makna Asmaul Husna Al-Karim dan Al-Mu’min dari berbagai sumber
4.    MemverifikasimaknaAsmaulHusna Al-Karimdan Al-Mu’min (menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau Al-Mu’min dengan berbagaiSumber.
5.    Mengkomunikasikan hasil verifikasi

105

C. KegiatanPenutup
a.   Refleksi
Kesandanpesanselama proses pembelajaran, Rekomendasibagipembelajaranberikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Pesertadidikdan guru sama-samamembuatkesimpulanakhir
d.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.




15’
KEDUA
A. KegiatanAwal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksa kesiapan siswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- PenyampaianTema dan Tujuan Pembelajaran & RencanaKegiatan.

15’

B. KegiatanInti
1.    Mengamati Buku (artikel) tentang : Makna Asmaul Husna Al-Wakil dan Al-Matin.
2.    Membuat pertanyaan terkait Makna Asmaul Husna Al Wakil dan Al-Matin
3.    Mengumpulkan data-data dari berbagai sumber
4.    Mengolah data sehubungan dengan pertanyaan
5.    Membuat kesimpulan hasil pengolahan data (jawaban pertanyaan)
6.    Mengkomunikasikan dengan guru dan teman di kelas

105

C. KegiatanPenutup
a.   Refleksi
Kesandanpesanselama proses pembelajaran, Rekomendasibagipembelajaranberikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Pesertadidikdan guru sama-samamembuatkesimpulanakhir
d.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.

15’
KETIGA
A. KegiatanAwal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksakesiapansiswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- PenyampaianTema dan TujuanPembelajaran&RencanaKegiatan.


15’

B. KegiatanInti
1.    MengamatiBuku(artikel) tentang Asmaul Husna Al-jami, al-adl dan al-akhir.
2.    Memfokuskanpermasalahan (MaknaAsmulHusna Al-Jami, Al-Adil, Al-Akhir)
3.    MembuatPetaKonsepmengenaiMaknaAsmaulHusna Al-Jami, Al-Adildan Al-Akhir, danmempresentasikan di depankelas.
4.    Menggali data dari berbagai sumber
5.    Mengkomunikasikan hasil pekerjaan dengan guru dan teman
105

C. KegiatanPenutup
a.   Refleksi
Kesandanpesanselama proses pembelajaran, Rekomendasibagipembelajaranberikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Pesertadidikdan guru sama-samamembuatkesimpulanakhir
d.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
15’
KEEMPAT
A. KegiatanAwal
- Salam, berdo’a, tadarus
- Memeriksakesiapansiswa, absensi
- Apersepsi
- Motivasi
- PenyampaianTema dan TujuanPembelajaran&RencanaKegiatan.

15’

B. KegiatanInti
1.    MengamatiBuku PAI (artikel) tentang Menerapkan perilaku mulia dari Asmaulhusna.
2.    Mengidentifikasihubunganmaknaasmaulhusnadenganperilakusehari-hari
3.    Mengumpulkan data dariberbagaisumberdan
4.    MembuatPetaKonsepdalamrangkamemverifikasihubunganmaknaasmaulhusnadenganperilaku.
5.    Kemudianmempresentasikan (memverifikasi) di depankelas
105

C. KegiatanPenutup
a.   Refleksi
Kesandanpesanselama proses pembelajaran, Rekomendasibagipembelajaranberikutnya.
b.   Umpan balik
c.   Pesertadidikdan guru sama-samamembuatkesimpulanakhir
d.   Berdo’a dan mengucapkan hamdalah.
15’

VI. SUMBER BELAJAR
Al-Qur’an dan Hadits
Buku PAI
Lingkungan/Peristiwa
Video/Slide/Gambar


VII.                                                                                              PENILAIAN
1.    Teknik : TesTulis, Observasi
2.    Bentuk : Uraian
3.    IntrumenPenilaian
a.    PenilaianSikap (Afektif)
No
NamaSiswa/ Kelompok
Jujur
TanggungJawab
Disiplin
Santun
Nilai Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.


















2.


















Dst



















Keterangan:
4 = jika empat indikator terlihat.
3 = jika tiga indikator terlihat.
2 = jika dua indikator terlihat.
1 = jika satu indikator terlihat.
IndikatorPenilaianSikap:
Disiplin
a.     Tertibmengikuti instruksi
b.     Mengerjakantugastepatwaktu
c.      Tidakmelakukankegiatan yang tidakdiminta
d.     Tidakmembuatkondisikelasmenjaditidakkondusif
Jujur
a.       Menyampaikansesuatuberdasarkankeadaan yang sebenarnya
b.      Tidakmenutupikesalahan yang terjadi
c.       Tidakmencontekataumelihat data/pekerjaan orang lain
d.      Mencantumkansumberbelajardari yang dikutip/dipelajari
TanggungJawab
a      Pelaksanaan tugas piket secara teratur.
b     Peran serta aktif dalam kegiatan diskusikelompok
c      Mengajukan usul pemecahan masalah.
d     Mengerjakantugassesuai yang ditugaskan
Santun
a.    Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.   Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.    Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
d.   Berperilaku sopan
Nilai akhir sikap diperoleh dari modus (skor yang paling sering muncul) dari keempat aspek sikap di atas.
Kategori nilai sikap:
a.       Sangat baik jika memperoleh nilai akhir 4
b.      Baik jika memperoleh nilai akhir 3
c.       Cukup jika memperoleh nilai akhir 2
d.      Kurang jika memperoleh nilai akhir 1

b.   Penilaian Proses (Keterampilan)
NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai Akhir
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasikan
(10 % )
(20 %)
(30 %)
(20%)
(20)
1







2







3







4








IndikatorPenilaianKeterampilan
Aspek
Skor
Kriteria
Mengamati
4

3

2

1

Menanya
4

3

2

1


Mengumpulkan data
4

3

2

1

Mengasosiasi
4

3

2

1

Mengkomunikasikan
4

3

2

1

Pengolahan Nilai
Nilai Akhir  Maksimal = (4x10)+(4x20)+(4x30)+(4X20)+(4X20) = 100 = 4

Nilai total adalah penjumlah nilai dari kelima aspek (Persiapan, Proses, Hasil Kerja, Sikap dan waktu ). Nilai total dalam bentuk ratusan dikonversi kedalam bentuk 1 s.d. 4




c.    PenilaianPengetahuan
NO
Nama Siswa
NILAI ULANGAN/UTS/UAS

UH
UH
UTS
UH
UH
UAS
JUMLAH
RATA-RATA








1









2









3









Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator
Indikator Soal
Jenis Soal
Soal





-    




Jawaban
No
KunciJawaban
Skor








Skormaksimal
12
           
           


Diketahui oleh :                                                                                           Guru Mata Pelajaran,
KepalaSekolah,




Bambang Sartana, S.P, M.Si                                                                                   Sujiman, S.Pd.I




Jika anda membutuhkan RPP secara lengkap silahkan hubungi kami via email :
siifoodjawi@gmail.com   
dakwahbinsani@gmail.com





LKS
PERTEMUAN KE-1
MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA


Mengamati Buku PAI Halaman 4-7
MengidentifikasiMaknaAsmaulHusna Al-Karimdan Al-Mu’min
No.
MAKNA ASMAUL HUSNA
AL-KARIM
SUMBER
1.
Allah SWT yang memberikan segala nikmat kepada manusia
-Buku PAI Kls X
-QS. Al Infithar : 6
-HaditsNabi SAW
-Internet
2.








3.









AL-MU’MIN
SUMBER
1.







2.








5.    Memverifikasi makna Asmaul Husna Al-Karimdan Al-Mu’min (menjelaskan hubungan Makna Al-Karim atau Al-Mu’min dengan berbagai Sumber.









LKS
PERTEMUAN KE-2

MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA


Mengamati Buku PAI Halaman 7-9
MembuatpertanyaanterkaitMaknaAsmaulHusna Al Wakildan Al-Matin
No.
PERTANYAAN MAKNA ASMAUL HUSNA
AL-WAKIL
AL-MATIN
1.
Bagaimanacara Allah SWT memlihara seluruh alam ini ?




2.






3.






4.






5.







Kesimpulan untuk pertanyaan ke……….













                                                                                   LKS
PERTEMUAN KE-3

MENGANALISIS MAKNA ASMAUL HUSNA

Membuat Peta Konsep mengenai MaknaAsmaul Husna Al-Jami, Al-Adil
kemudian Al-Akhir, dan mempresentasikan di depan kelas.





















LKS
PERTEMUAN KE-4

MENYAJIKAN HUBUNGAN ASMAUL HUSNA DENGAN KELUHURAN BUDI



Mengamati Buku PAI Halam 16-17
Mengidentifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku sehari-hari
No.
MAKNA ASMAUL HUSNA
AL-KARIM
PERILAKU SEHARI-HARI
1.
Allah swtMahadermawan

Mengembangkan sifat dermawan
2.




AL-WAKIL

1.



2.




AL-MATIN

1.



2.




AL-JAMI

1.



2.




AL-ADIL

1.



2.




AL-AKHIR

1.



2.




Mengumpulkan data dari berbagai sumber dan Membuat Peta Konsep dalam rangka memverifikasi hubungan makna asmaul husna dengan perilaku. Kemudian mempresentasikan (memverifikasi) di depan kelas.


Demikian contoh RPP, jika anda merasa membutuhkan RPP PAI yang lain. silahkan hubungi kami di
WA : 0815 7542 2884


follow melalui email anda untuk selalu mendapatkan update artikel terbaru dari kami


No comments: