Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Tuesday, November 7, 2017

Pengertian beserta strategi tatacara tabligh dan dakwah Islam

Pengertian beserta strategi tatacara tabligh dan dakwah Islam

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh
Sahabat binsani yang budiman, alhamdulillah kita bertemu lagi dalam artikel-artikel kami yang beberapa waktu sempat vakum karena terlalu banyaknya agenda penulis sehingga kurang fokus dalam penulisan artikel yang mungkin banyak para sahabat binsani disini menunggu.  Di sini penulis sangat meminta maaf atas keterlambatan penulisan artkel ini.
Sahabat binsani yang budiman pada artikel sebelumnya kita sudah mengulas tentang pengertian Khutbah dan tacaranya. Dalam kesempatan pagi yang cerah ini penulis membahas yang hampir mirip dengan artikel sebelumya yaitu tentang tabligh dan dakwah termasuk pengertian dan tatacara sesuai dengan anjuran-anjuran Islam sebagai berikut :
1.      Pengertian Tabligh dan Dakwah
a.      Pengertian Tabligh
Tabligh secara bahasa berasal dari kata بلغ, يبلغ, تبلغ, yang artinya menyampaikan. Sedangkan menurut Istilah tabligh dapat diartikan menyampaiakan ajaran-ajaran Islam yang diterima dari Allah swt. Melalui Nabi Muhammad saw kepada umat manusia sebagai pedoman hidup dalam menggapai kebahagian hidup di dunia dan di akhirat. Orang yang menyampaikan Tabligh disebut Mubaligh (laki-laki) atau Mubalighat (perempuan).
Tabligh merupakan salah satu ajaran agama yang sangat penting. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam ayat sebagai berikut :
 يَا أَيُّهَا الرَّسُولُ بَلِّغْ مَا أُنزِلَ إِلَيْكَ مِن رَّبِّكَ ۖ وَإِن لَّمْ تَفْعَلْ فَمَا بَلَّغْتَ رِسَالَتَهُ ۚ وَاللَّهُ يَعْصِمُكَ مِنَ النَّاسِ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْكَافِرِينَ  
Artinya :Hai Rasul, sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu. Dan jika tidak kamu kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir. QS. Al-maidah : 67

Tabligh berisi ajakan untuk ber-amar ma’ruf nahi munkar, yaitu mengajak kepada kebaikan dan menjauhi kebathilan. Tugas tabligh menjadi tanggung jawab setiap umat Islam. Kita dapat menyampaikan tablig dengan berbagai cara sesuai dengan kemampuan. Tidak harus di atas mimbar atau panggung yang megah. Akhir-akhir tabligh dilakukan dalam berbagai acara seperti seminar, lokakarya, atau sarasehan. Untuk menarik masyarakat, biasanya seorang mubaligh dalam penyampaian ceramahnya bersikap kreatif dengan contoh menggunakan teknologi, memadukan dengan seni, atau kreasi lainya. Oleh karena itu, seorang mubaligh perlu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Dengan melakukan tabligh, ajaran Islam semakin tersebar sehingga dapat dipahami oleh orang banyak.
b.      Pengertian Dakwah
Dakwah secara bahasa berasal dari kata da’a, yad’u, da’watan yang artinya mengajak atau menyeru. Sedangkan secara istilah tabligh dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang bersifat mengajak, menyeru, atau memanggil orang lain untuk menjalankan perintah dan menjauhi Larangan-Nya sebagaimana tercantum dalam Al-Qur’an dan hadits untuk menggapai kkebahagian hidup di dunia maupun di Akhirat. Orang yang menyampaikan dakwah kita kenal sebagai Da’i.
Dakwah dapat dilakukan dengan mengjak umat lain untuk memeluk Islam, dapat juga mengajak dan menyeru Umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt. Dan kembali ke ajaran yang benar (sesuai Alqur’an dan hadits). Cara berdakwah tidak ada ketentuan tertentu. Dapat dengan cara apa saja pada setiap kesempatan, baik formal maupun non formal. Dakwah juga tidak harus dengan ucapan, tetapi dengan penampilan akhlak yang baik juga  merupakan bagian dari dakwah. (dakwah bil-hal).
Perintah berdakwah dapat kita temukan dalam surat Ali Imran sebagai berikut ;
وَلْتَكُن مِّنكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ  
Artinya :Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung. (QS. 3: 104).


c.        Persamaan antara tabligh dan dakwah
Setelah mengetahui pengertian tabligh dan dakwah, maka kita temukan beberapa kesamaan diantara kedianya antara lain :
1)      Tujuan Tabligh dan Dakwah adalah mengajak dan menyeru orang lain untuk menjalankan ajaran Islam dengan menjaga iman dan takwa.
2)      Dapat dilakukan kapanpun
3)      Tidak ada ketentuan dan syarat-syarat tertentu
4)      Dapat dilakukan dalam suatu acara baik formal maupun non formal.

2.      Tata cara Tabligh dan Dakwah
Dakwah  dapat dilakukan dengan cara bil-hal dan bil lisan. Bil-hal maksudnya dilakukan dengan membiasakan diri dengan akhlak terpuji sebagai mana yang telah dicontohkan oleh rosul. Bil lisan dilakukan dengan menyampaikan kepada masyarakat luas.
Ceramah merupakan metode yang umum dalam menyampaikan tabligh dan dakwah. Agar penyampaianya baik seorang mubaligh atau da’i perlu memperhatikan berbagai hal seperti berikut :
a.       Persiapan mental
Persiapan mental yang baik perlu dilakukan agar dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu bersikap Ikhlas dengan senatiasa melaksanakan perintah Allah swt. Meningkatkan Iman serta ber akhlak mulia menjadikan modal utama dalam menyampaikan tabligh dan dakwah.
b.      Persiapan teknis
Persiapan teknis dalam berceramah penting agar materi dakwah dapat tersampaikan dengan baik. Salah satu persiapan teknis yang perlu diperhatikan adalah membuat materi ceramah dengan sistematika yang baik misalnya :
1)      Salam pembuka
2)      Hamdalah atau puji-pujian kepada Allah swt
3)      Shalawat nabi
4)      Pembacaan ayat alqur’an sesuai dengan materi ceramah
5)      Uraian yang terdiri dari atas pembukaan, penjelasan, kesimpulan, dan penutup.
c.        Persiapan fisik
Persiapan fisik juga diperlukan dalam ceramah. Kondisi fisik mempengaruhi penyampaian materi agar dapat menyampaikan materi dengan baik
Demikian sahabat binsani yang dapat penulis sampaikan. Dengan adanya artikel ini semoga kita dapat mengambil manfaat serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

mau cari materi PAI smk yang lain klik di daftar isi

Daftar Pustaka
Thoyar, Husni: 2011, “ Pendidikan Agama Islam Untuk SMA kelas XI” , Jakarta :Pusat Kurikulum dan Perbukuan kementrian pendidikan Nasional ;
Departemen Agama RI : 2010, “ Al-Qur’an dan Terjemahanya” J-Art : Bandung




No comments: