Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Tuesday, November 7, 2017

Doa Ketika Turun Hujan Lebat Lengkap Arab Dan Terjemahanya

Doa Ketika Turun Hujan Lebat Lengkap Arab Dan Terjemahanya

Sahabat binsani yang budiman, sekarang sedang musimnya penghujan. Pada musim ini sebaiknya sahabat binsani semua perlu menjaga kesehaatan supaya tidak gampang terjangkit penyakit. Namun yang lebih penting dari menjaga kesehatan adalah para sahabat binsani juga selalu berdzikir, dan berdo’a terlebih saat hujan lebat turun supaya terhindar dari mara bahaya yang diakibatkan dari hujan itu sendiri.
Berkaitan dengan hujan, Allah menjadikannya sebagai nikmat dan rahmat bagi makhluk-makhluk-Nya, tidak terkecuali kepada manusia.  Pada waktu penulisan artikel ini penulis juga dalam keadaan hujan yang sangat lebat di area tempat kerja kami sehingga pulang agak telat. Maka dari itu kami berbagi pengalaman dan kesempatan dalam menyampaikan sesuatu yang lebih berguna. Mengenai hujan lebat Al-Qur'an telah  menyebutkannya sebagai sumber kehidupan.
وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ
WAJA’ALNAA MINALMAAI KULLI SYAIIN AFALAA YUKMINUUN
"Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?" (QS. Al-Anbiya': 30).

Namun di satu sisi, Allah juga pernah menjadikan hujan dan berlimpahnya air sebagai hukuman atas kaum pembangkang, seperti yang menimpa kaum Nabi Nuh 'Alaihissalam.
وَنُوحًا إِذْ نَادَى مِنْ قَبْلُ فَاسْتَجَبْنَا لَهُ فَنَجَّيْنَاهُ وَأَهْلَهُ مِنَ الْكَرْبِ الْعَظِيمِ وَنَصَرْنَاهُ مِنَ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآَيَاتِنَا إِنَّهُمْ كَانُوا قَوْمَ سَوْءٍ فَأَغْرَقْنَاهُمْ أَجْمَعِينَ
WA NUUKHAN IDZNAADA MIN QOBLU FASTAJABNAA LAHU FANAJAINAAHU WA AHLAHU MINAL KARBIL ‘ADHIMI WA NASHORNAAHU MINAL QOUMIL LADZIINA KADZDZBUU BI AYAATINAA INNAHUM KAANUU QOUMA SAUIN FAAGROQNAAHUM AJMA’IN
"Dan (ingatlah kisah) Nuh, sebelum itu ketika dia berdoa, dan Kami memperkenankan doanya, lalu Kami selamatkan dia beserta pengikutnya dari bencana yang besar. Dan Kami telah menolongnya dari kaum yang telah mendustakan ayat-ayat Kami Sesungguhnya mereka adalah kaum yang jahat, maka Kami tenggelamkan mereka semuanya." (QS. Al-Anbiya': 76-77).

Maka saat turun hujan, kaum muslimin yang menyaksikannya berharap agar hujan tersebut membawa kebaikan dan menjadi rahmat sebagaimana yang pernah diajarkan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam. Doa tersebut adalah:

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
ALLAHUMMA SHAYYIBAN NAAFI'A

Artinya: Ya Allah, (jadikan hujan ini) hujan yang membawa manfaat (kebaikan).

Diriwayatkan dari 'Aisyah Radhiyallahu 'Anha,
 أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ : اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
ANNA NABIYA SAW KAANA IDZA ROALMATHORO QOOLA : ALLAHUMMA SHOYYIBAN NAAFI’AN
"Adalah Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam apabila melihat hujan beliau berdoa:  ALLAHUMMA SHAYYIBAN NAAFI'A (Ya Allah, -jadikan hujan ini- hujan yang membawa manfaat -kebaikan-." (HR. Al-Buhari).
Demikian sahabat binsani. Semoga bermanfaat, semoga kita selalu dalam perlindungan Allah SWT.


Di kutip dari :

No comments: