Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Wednesday, November 8, 2017

Alur Munculnya Perkembangan Islam pada masa Modern / kontemporer

Alur Munculnya Perkembangan Islam pada masa Modern / kontemporer

Sahabat binsani yang budiman, pada artikel sebelumnya telah dibahas bahwa periodesasi peradaban Islam terbagi menjadi tiga yakni : Islam masa Klasik, Peradaban Islam abad pertengahan, dan Perkembangan Islam pada masa modern. Pada masa abad pertengahan berbagai kemajuan berhasil diraih oleh umat Islam dengan berdirinya tiga kesultanan besar baca peradaban Islam pada abad pertengahan. pada abad pertengahan umat islam mengalami kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan arsitektur.


Pada abad pertengahan umat islam berinteraksi dengan orang-orang eropa. Orang-orang eropa belajar tentang ilmu pengetahuan dan peradaban umat Islam. Berbekal ilmu pengetahuan yang sudah dikuasai, bangsa eropa melakukan perjalanan dimuka bumi. Dengan perjalanan tersebut menemukan daerah-daerah baru. Sebenarnya orang-orang Islam telah menemukan tempat-tempat tersebut jauh sebelum orang-orang eropa menemukanya. Misalnya pelaut cina yang bernama Laksamana Zheng Ho (Cheng Ho) sebelum Columbus. Sebelum orang-orang eropa menyadari bahwa bumi itu bulat, ilmuwan-ilmuwan muslim telah mengetahui dan berpendapat demikian.

Orang-orang eropa mengubah penjelajahan menjadi penjajahan. Melalui penjelajahan yang dilakukanya, orang eropa mengetahui kelemahan negara-negara yang dilaluinya. Mereka berhasil menguasai negara-negara di Asia da Afrika. Penjajahan yang mereka lakukan biasa diawali dengan perdagangan. Dari hubungan tersebut lambat laun berubah menjadi keinginan untuk menguasai dan menjajahnya. Dalam waktu yang relatif singkat (abad XV-XX) orang-orang eropa berhasil menguasai negara-negara Islam. Inggris menguasai Mesir, Yaman, Irak, Iran, Afganistan, malaysia,dan India (Pakistan). Sedangkan perancis menguasai Maroko, Aljazair, Tusinia, Libia, Lebanon, dan Suriah. Belanda Menjajah Indonesia, dan Spanyol menjajah Filipina.

Ekpedisi napoleon pada tahun 1801 membuka mata dunia Islam tentang kemunduran yang dialaminya. Hubungan dunia Islam dengan Barat pada saat ini berbeda dengan hubungan pada masa klasik. Pada masa ini kondisi umat Islam sebaliknya. Mereka sedang mengalami kegelapan, sedangkan barat sedang menanjak. Umat Islam harus belajar dari Barat.

Kondisi yang demikian memaksa para pemikir Islam untuk berpikir guna mengembalikan balance of power. Mulailah timbul hal yang disebut pemikiran dan pembaharuan dalam Islam. Para pemikir Islam berusaha menemukan cara agar umat Islam mencapai kondisi sebagaimana periode Klasik. Melalui berbagaii pemikiran para tokoh dan pemuka Islam mulai bergerak keluar dari kegelapan. Di sisi lain, dunia barat juga terus berkembang dan mengalami kemajuan yang pesat.


BERSAMBUNG...
mau cari materi PAI smk yang lain klik di daftar isi
Baca artikel terkait
Contoh perkembangan Islam masa Modern
Tokoh –tokoh pemikir Modern dalam Islam dan hasil pemikiranya.

Tokoh- tokoh pembaharu Islam di indonesia.

No comments: