Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Thursday, July 16, 2020

MUQODIMAH (pengantar Pembelajaran PAI)

MUQODIMAH (pengantar Pembelajaran PAI)

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa warakatuh

Alhamdulillah, mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang tiada henti-hentinya mencurahkan nikmat dan rahmatnya bagi hamba-hambanya.

Akibat dari pandemi covid-19 ini, menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar melakukan jarak fisik yaitu himbauan untuk menghubungkan jarak dengan masyarakat, menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan, perkumpulan, dan diskusi tentang pertemuan yang membantu banyak orang. Upaya tersebut ditujukan kepada masyarakat agar dapat dilakukan untuk memutus rantai distribusi pandemi covid-19 yang terjadi saat ini.


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, metode pembelajaran jarak jauh dapat diterapkan seusai pandemi Covid-19. Artikel ini diterbitkan di Kompas.com dengan judul "Mendikbud: Setelah Pandemi Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh Akan Permanen",

Pendidikan merupakan alternatif terakhir selama masa normal baru setelah pandemi Covid-19. Setelah semua fasilitas umum dibuka kemabali. Seperti: pasar, mal, tempat wisata yang telah dibuka kemabali akan tetapi sekolah masih belum diizinkan untuk kegiatan belajar mengajar. Kenapa Demikian?

Sejauh ini terjadi pendidikan tetap harus berjalan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Terkait dunia pendidikan termasuk guru dan siswa dengan mengikuti perkembangan teknologi hanya menggunakan fasilitas yang ada.

Pemerintah menerapkan kebijakan yaitu Work From Home (WFH). Kebijakan ini merupakan upaya yang diterapkan pada masyarakat agar dapat menyelesaikan semua pekerjaan di rumah. Pendidikan di Indonesia pun menjadi salah satu bidang yang terdampak oleh keberadaan pandemi covid-19 tersebut. Dengan adanya diskusi, Kementerian Pendidikan di Indonesia juga mengeluarkan kebijakan yaitu dengan meliburkan sekolah dan mengganti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem dalam jaringan (daring). Dengan menggunakan sistem pembelajaran dengan berani, muncul berbagai masalah yang dilakukan oleh siswa dan guru, seperti materi pelajaran yang belum selesai disampaikan oleh guru kemudian guru menggantikan dengan tugas lain. Hal tersebut menjadi santapan siswa karena tugas yang diberikan oleh guru lebih banyak.

 

Permasalahan lain dari sistem pembelajaran online adalah akses informasi yang terkendala oleh sinyal yang menyebabkan lambatnya akses informasi. Siswa-siswa yang ketinggalan dengan informasi yang berasal dari sinyal yang kurang memadai. Diberikan mereka terlambat dalam perencanaan yang diberikan oleh guru. Belum lagi bagi guru yang membuka banyak tugas yang telah diberikan kepada siswa, membuat ruang penyimpanan gadget semakin terbatas. Penerapan pembelajaran online juga membuat pendidik berpikir kembali, mempelajari model dan metode pembelajaran yang akan digunakan. Yang dimulai seorang guru sudah menyiapkan model pembelajaran yang akan digunakan, kemudian harus mengubah model pembelajaran tersebut.

 

Di balik masalah dan keluhan tersebut, ternyata juga ada berbagai hikmah bagi pendidikan di Indonesia. Diantaranya, siswa juga dapat menggunakan teknologi untuk menunjang pembelajaran online ini. Di era disrupsi teknologi yang semakin canggih ini, guru dan siswa dituntut agar memiliki kemampuan dalam bidang teknologi pembelajaran. Penguasaan siswa terhadap guru terhadap pembelajaran yang sangat beragam, menjadi tantangan khusus bagi mereka. Dengan mewakili kebijakan Work From Home (WFH), maka siapkan dan percayalah mereka untuk penguasaan teknologi pembelajaran dengan sebagi kebutuhan untuk mereka. Tuntutan kebutuhan tersebut, buat mereka dapat mempelajari media online yang dapat menunjang pembelajaran di kelas secara langsung,

Dalam kesempatan ini, penulis hanya ingin membahas tentang siswa dan siswi di seluruh Indonesia dan Siswa - siswi SMK Kesehatan Bhakti Wonosari Klaten secara khusus, tentang Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada pelajaran 2020/2021 menggunakan sistem berani / pembelajaran jarak jauh. Di mana sitem pembelajaran ini dapat dilakukan dari rumah. Metode pembelajaran PAI menggunakan kelas utama yaitu memakai ruang  kelas.google.com nanti di tengah jalan kita memakai metode lainya juga agar pembelajaran tidak jenuh.

Adapun Materi-materi Yang disampaikan hearts Sistem berani Penyanyi mengacu PADA buku paket Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti Yang DAPAT Andari buka disini

Demikian yang dapat kami sampaikan. Jika ada yang kurang, mohon maaf yang sebesar-besarnya

Sudjiman, S.Pd.I

Muhammad Ismail, S.Pd.I

 

                                                                                Tim Penulis

 

                                                                                Dakwah Binsani

 

Sumber:

https://iain-surakarta.ac.id/hikmah-pandemi-covid-19-bagi-pendidikan-di-indonesia/

https://nasional.kompas.com/read/2020/07/02/14445511/mendikbud-setelah-pandemi-covid-19-pembelajaran-jarak-jauh-akan-permanen .


No comments: