Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Sunday, February 25, 2018

KEUNTUNGAN ORANG- ORANG YANG LEBIH DULU BERLOMBA-LOMBA DALAM KEBAIKAN (QS. FATIR : 32)


Sahabat binsani yang budiman, dalam artikel sebelumnya penulis telah membahas tentang anjuran untuk berlomba-lomba dalam kebaikan yang terdapat dalam surah Al baqoroh 148. sedangkan dalam tulisan ini penulis juga akan memaparkan bagaimana keuntungan orang-orang yang lebih dulu berbuat kebaikan.
Dalam masa sekarang / masa yang serba canggih manusia sering kali lupa akan kewajibanya. begitu juga dengan Alqur’an sebagai pedoman hidup manusia. Dalam kenyataanya, Al qur’an sebenarnya sangat penting untuk di amalkan, tanpa kita sadari kita juga lupa dalam mengamalkanya. sehingga hal tersebut menyebabkan tidak sempurnanya amalan. Semua itu dapat kita tangani dengan barbagai cara, salah satunya  memahami ayat-ayat al qur’an. Dengan mengetahui, memahami, dan menerapkanya maka pasti kita dapat mengupas baik-buruknya suatu perbuatan. dalam sebuah pepatah telah disebutkan “amal tanpa ilmu akan buta” dan “ilmu tanpa amal akan binasa”. Alangkah ruginya jika dua pusaka yang ditinggalkan rasulullah tidak dimanfaatkan dan tidak dapat melindungi kita, karena kita tidak dapat memahami dan mempergunakan Ayat-ayat Al qur’an dengan sebagaimana mestinya. seperti yang telah di firmankan Allah swt dalam surah fatir 32 sebagai berikut :
ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا ۖ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ وَمِنْهُم مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ الْفَضْلُ الْكَبِيرُ
 Artinya :Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.  (QS. Fathir (35) : 32)
Ayat tersebut diatas menjelaskan bahwa Allah telah menurunkan kitab (Al-qur’an) sebagai kebenaran yang menuntun manusia menuju jalaNya. dan mewariakan kepada hamba-hamba terpilih (umat Nabi Muhammad saw). setelah menyatakan pewarisan tersebut Allah mengurai tiga golongan manusia dalam menerima Al qur’an antara lain adalah :
1.       zalimun linafsihi (menolak Al qur’an)
kelompok pertama ini adalah oranng-orang yang menerima al qur’an tetapi sering megabaikan perintah dan larangan yang diajarkan di dalamnya. Mereka mendapatkan nikmat iman dan Islam tepi tindak ditindak lanjuti dengan amal saleh. Mereka mendapatkan nikmat waktu tetapi tidak digunakan untuk beribadah kepada Allah swt.  kelompok ini dianggap sebagai orang yang menzalimi diri sendiri.
2.       muqtasid (pertengahan)
muqtasid adalah kelompok yang suka memilih milih ayat alqur’an sesuai kehendak mereka. apa yang baik buat mereka di kerjakan tetapi apabila bertentangan dengan hati nurani tidak digunakan, sehingga kelompok ini memiliki bobot yang sama besar antara kebaikan dan kemaksiatanya.
3.       sabiqun bil khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan)
Kelompok yang ketiga ini adalah kelompok yang memiliki keimanan yang benar. Mereka membenarkan Allah swt dengan cara membuktikan dengan tindakan nyata berupa amal saleh. Orang – orang ini tidak mau kalah dalam kebaikan. mereka saling berlomba untuk berbuat baik dan tidak pernah mengharap simpati masyarakat. akan tetapi, hanya mencari ridha Allah swt semata. untuk kelompok inilah Allah swt mengkarunia surga di akhirat kelak sebagi balasanya.
dari ketiga kelompok di atas kita dapat mengambil pelajaran bahwa Iman dan Islam yang kita miliki sekarang adalah karunia dan kesempatan yang dikaruniakan Allah kepada kita. Artinya kita telah terpilih sebagai pewaris Al qur’an selanjutnya , semua terserah kita unutk memilih.
demikian sahabat binsani yang dapat penulis sampaikan. dari uraian di atas semoga kita dapat mengambil manfaat, yaitu tetap berada pada golongan ketiga (sabigun bil khairat) dan Allah menyediakan surga untuk kita . aamiin...


sumber :
Departemen Agama RI : 2010, “ Al-Qur’an dan Terjemahanya” J-Art : Bandung
Thoyar, Husni: 2011, “ Pendidikan Agama Islam Untuk SMA kelas XI” , Jakarta :Pusat Kurikulum dan Perbukuan kementrian pendidikan Nasional ;

  

No comments: