Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Saturday, February 17, 2018

Hikmah yang dapat di ambil dari Perkembangan Islam di Dunia


Perkembangan Islam saat ini sangat membanggakan, silahkan klik kembali artikel sebelumnya bila anda belum sempat membacanya. Sebab artikel ini merupakan sambungan dari artikel dibawah ini.

Sahabat binsani setelah kita mempelajari Perkembangan islam di dunia, Terdapat hikmah yang dapat diambil yaitu sebagai berikut :
1.      Senantiasa Mengerahkan Usaha demi kemajuan Islam dan kaum muslimin dimana pun. sehingga Islam dapat berkembang lebih baik.
2.      Sesama Muslim adalah saudara, Oleh karena hal tersebut bila ada perbedaan warna kulit, bahasa, dan lain sebagainya bukan suatu alasan sebagai jurang pemisah.
3.      Menjadikan perbedaan sebagai rahmat. Tidak sepantasanya perbedaan dijadikan jurang pemisah, tetapi sebaliknya perbedaan merupakan rahmat dari Allah swt.
4.      Nasib umat Islam sangat dipengaruhi oleh upaya umat Islam untuk menjawab tantangan yang ada dimasa depan. Dengan demikian, umat islam dapat terekat satu dengan yang lain dalam suatu ukhuwah islamiyah yang kuat sehingga dapat berperan lebih besar dalam masyarakat.
Salah satu kenyataan penting dari keadaan islam di dunia ini adalah adanya berbagai tantangan bagi kaum muslim baik dari sisi politik dengan sentimen negatif, bidang ekonomi dengan terpuruknya kemampuan ekonomi umat Islam sebagai suatu komunitas, terhentinya inovasi kebudayaan umat Islam, Hingga pudarnya etos kerja dan keilmuwan dikalangan Islam. dari kenyataan tersebut di atas satu pelajaran yang penting bahwa  umat Islam harus bangkit untuk berkaryahingga dapat tampil sebagai umat dengan kemampuan unggul diantara kaum yang lain.
sumber :
Thoyar, Husni: 2011, “ Pendidikan Agama Islam Untuk SMA kelas XI” , Jakarta :Pusat Kurikulum dan Perbukuan kementrian pendidikan Nasional ;


No comments: