Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Thursday, December 28, 2017

Pentingnya Mendirikan Sholat

Tugas Pai
mendatangi salah satu kegiatan dakwah kemudian mencari referensi terkait dengan tema yang disampaikan oleh pendakwah.
di susun oleh : Citra Ayu Andini

Hari/Tanggal : Sabtu 23 Desember 2017
Tempat : Sdri.Diyan
Acara : Pengajian rutin muda mudi se-RW
Pembicara : Bpk.Widodo
Latar belakang pembicara : Pendakwah serta imam sholat di masjid


Dalam hadist rasulullah SAW bersabda “Sholat adalah tiang agama”. Dan jika kita tidak menjalankannya maka kita tidak punya tiang agama dan kita akan dosa besar karena kunci masuk surga itu adalah sholat. maka itu diibaratkan sebuah tiang bangunan, apabila tiang itu rapuh atau roboh maka bisa dipastikan bangunan juga roboh  karena kehilangan penyangga atau tiang.
Didalam Al-Quran ALLAH berfirman “Dan dirikan sholat dan tunaikanlah zakat dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku” . dalam firman nya ALLAH menggunakan kata perintah, yang berarti jika ada kata perintah dalam Al-Quran maknanya harus wajib dilakukan. Ada salah satu hadist Rasulullah SAW ada yang bersabda bahwa “Sholat subuh dan sholat asar terdapat banyak keutamaan,niscanya apabila mereka mengetahui pahala sholat subuh dan asar maka mereka akan berdatangan meskipun dengan merangkak”.
Dalam sholat subuh saja kita mendapatkan keutamaan salah satunya yaitu mendapat persaksian malaikat subuh. Begitu juga dengan sholat wajib lainnya ALLAH akan memberikan pahala yang banyak bagi umatnya yang menjalankan sholat. Sholat bukan hanya sebagai kewajiban tetapi sholat merupakan bukti iman sesorang kepada ALLAH SWT. Sudah banyak manusia yang melalaikan sholatnya hanya karna pekerjaan,malas dan lainnya, manusia yang lalai sholat subuh karna begadang nonton bola dan masih banyak lagi.
Dalam hadist sahih diriwayatkan bahwa yang membedakan seorang mukmim dengan khafir adalah sholat. Kemudian bagaimana nasib orang yang tidak menjalankan sholat? ALLAH SWT berfirman dalam surat Al-Maa’un tentang orang-orang yang lalai terhadap sholat yang berbunyi : “Maka celakalah orang yang sholat yaitu orang-orang yang lalai terhadap sholatnya”. Kalimat celaka ini biasanya juga ALLAH pakai untuk mensifati orang kafir dan munafik.
Sebagai umat muslim kita hendaknya melakukan sholat wajib 5 waktu dengan hati yang lapang, kesyukuran, keikhlasan dan istiqomah sehingga kita dapat terhindar dari golongan orang kafir. Semoga kita dijauhakan dari perilaku orang yang lalai terhadap sholat dengan sengaja dan semoga kita selalu dalam lindungan ALLAH SWT.

Referensi yang berkaitan :
Ringkasan Fikih lengkap jilid 1 dan 2 Syaikh Dr.Shalih bin Fauzan Al-Fauzan, Bekasi, 2013, PT Darul Falah, dengan sedikit perubahan dan penambahan.

Pentingnya Sholat
Sholat adalah rukun islam yang paling utama setelah dua kalimat syahadat. Sholat ini mencakup berbagai macam ibadah, seperti: dzikir kepada ALLAH SWT, tilawah kitabulah, berdiri menghadap ALLAH, rukun, sujud, do’a, tasbih dan takbir. Hadits yang berkenaan dengan keutamaan dan hukumnya yang fardhu’ain. (ma’luumun minad Diin bidh-dharuurah) barang siapa yang mengingkarinya ia telah murtad dari agama islam. Dan dituntut untuk bertaubat. jika tidak bertaubat, dihukum mati menurut jima’kaum muslimin. Dalam surat An-Nisa:103 ALLAH berfirman “Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang beriman”

Ketahuilah, barangsiapa yang meninggalkan sholat karena menyepelekan atau malas, dan bukan mengingkari kewajibannya, ia telah kafir. Pendapat ini adalah pendapat yang tepat karena adanya dalil seperti hadist yang artinya : “Pemisah antara kesyirikan dan kekafiran adalah meninggalkan sholat”. (citra ayu andini)

No comments: