Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Saturday, December 2, 2017

Pengertian, dan contoh perilaku Adil dalam kehidupan sehari-hari

Pengertian, dan contoh perilaku Adil dalam kehidupan sehari-hari
1.      Pengertian adil
secara bahasa adil berarti sama berat, tidak berat sebelah, atau tidak memihak. Sedangkan secara Istilah adil dapat diartikan dengan sikap menempatkan sesuatu pada tempatnya. Dengan demikian, adil tidak selalu berarti memberikan sesuatu kepada orang lain dengan jumlah yang sama persis. pengertian adil di jelaskan dalam firman Allah pada  QS. An Nisa’ : 135
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ بِالْقِسْطِ شُهَدَاءَ لِلَّهِ وَلَوْ عَلَىٰ أَنفُسِكُمْ أَوِ الْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ ۚ إِن يَكُنْ غَنِيًّا أَوْ فَقِيرًا فَاللَّهُ أَوْلَىٰ بِهِمَا ۖ فَلَا تَتَّبِعُوا الْهَوَىٰ أَن تَعْدِلُوا ۚ وَإِن تَلْوُوا أَوْ تُعْرِضُوا فَإِنَّ اللَّهَ كَانَ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرًا [٤:١٣٥]
 Artinya :Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.

 Pada ayat di atas dijelaskan bahwa bersikap jujur saat menjadi saksi,baik pada diri sendiri, orang tua maupun kerabat. berdasarkan pengertian di atas menunjukkan bahwa keadilan dapat di ukur menggunakan hati nurani, dan rasio maupun fisik dan indra. dengan demikian keadilan tidak dapat diukur dengan besarnya materi yang sama rata. tetapi sesuatu yang bersifat abstrak yang hanya dirasakan dengan kelapangan hati dan pikiran.
keadilan merupakan nilai-nilai kemanusiaan yang sangat penting. dengan demikian dalam menjalani hidup kita harus menjunjung tinggi keadilan. selalu berusaha merupakan ciri orang yang bertakwa.
begitu dekatnya keterkaitan antara adil dan takwa, jika kita hendak menjunjung keadilan. jika kita menerapkan keadilan dalam menyelesaikan segala sesuatu akan membawa kebaikan dan kepuasan bersama. sebaliknya, jika kita berlaku tidak adil, pasti menyebakan terjadinya kerusakan dan kerugian bersama.
2.      Contoh- contoh perilaku Adil
berlaku adil dapat kita terapkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari. berlaku adil dapat kita tunjukkan kepada diri sendiri, orang lain maupun masyarakat luas.
a.       Memenuhi Hak Allah, Diri Sendiri, dan Orang lain.
dalam ajaran Islam diwajibkan berlaku adil terhadap diri sendiri, yaitu dengan menyeimbangkan antara hak Tuhan, dirinya, dan orang lain.
b.      Tidak pilih kasih
contoh perilaku adil ditunjukkan dengan tidak bersikap pilih kasih kepada anggota keluarga, seperti ; ayah, ibu, anak, atau kerabat lainya.
c.       Menjunjung kebenaran
Islam mengajarkan kepada kita agar berlaku adil kepada semua manusia. sikap adil perlu ditunjukkan kepada semua orang, baik sesama muslim atau kafir yang paling dibenci sekalipun. setiap orang  berhak mendapatkan keadilan. dalam menjunjung keadilan hendaknya tidak boleh luntur meskipun terhadap orang yang kita cintai. demikian juga terhadap orang yang kita benci, tetap harus berlaku adil.

3.      Berperilaku Adil dalam kehidupan sehari-hari
Perilaku adil dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. misalnya dalam bidang hukum, sosial, dan ekonomi
a.       berlaku Adil dalam bidang hukum
adil dalam bidang hukum, contohnya saat memberikan kesaksian. seseorang tidak boleh memberikan kesaksian kecuali dengan sesuatu yang diketahui. Ia tidak boleh menambah, mengurangi, mengubah, atau mengganti kesaksian.
tidak adil kepada orang-orang lemah hukumnya berdosa. dalam upaya menegakkan hukum, kita bisa mengambil teladan dari rasulullah saw. beliau pernah bersumpah dihadapan umatnya sebagaimana diceritakan Usamah kepada Aisyah r.a dalam hadits berbunyi
لو كانت فاطمة بنت محمد شرقت لقطعت يدما
Artinya : “ Jika sekiranya Fatimah binti Muhammad saw telah terbukti mencuri maka aku sendiri yang akan memotong tanganya”

b.      berperilaku Adil dalam kehidupan sosial
perilaku adil dalam kehidupan sosial sangat penting, misalnya : bersikap menghormati, menghargai, dan membantu semua orang tanpa melihat latar belakang dirinya. keadilan sosial juga dapat ditunjukkan dengan meberi kesempatan yang sama kepada semua orang dalam berusaha dan berprestasi. oleh karena itu, hak-hak orang lemah tetap dilindungi tanpa harus mendahulukan mereka yang memiliki status sosial yang tinggi
c.       berperilaku adil dalam bidang ekonomi
keadilan ekonomi dapat ditunjukkan dalam hal kepemilikan harta dan kekayaan. misalnya berusaha membatasi praktek monopoli perdagangan, melindungi orang-orang yang berekonomi lemah, mengelola zakat, dan mengentaskan kemiskinan.

Sahabat binsani yang budiman, bersikap adil memang tidak mudah. terlebih sebagai manusia, kita cenderung bersikap serakah, selalu ingin mendapatkan bagian yang lebih, atau terhindar dari situasi yang tidak menguntungkan. untuk menegakkan keadilan kadang kita harus menjalani pertarungan antara nurani yang lebih mengedepankan kejujuran dengan nafsu pribadi yang mewakili kepentingan diri kita, oleh sebab itu menegakkan keadilan butuh kesungguhan dan kerja keras. tugas kita kali ini adalah menunjukkan langkah-langkah untuk menegakkan keadilan.
mau cari materi PAI smk yang lain klik di daftar isi
Sumber :
Departemen Agama : 2015, Al-Qur’an dan Terjemahanya”, PT. Karya Azzahra Mandiri; Jakarta
Thoyar, Husni : 2011, “pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas XII”,pusat kurikulum dan perbukuan kementrian pendidikan Nasional


No comments: