Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Tuesday, December 12, 2017

Pengertian Amal Saleh beserta cara penerapanya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Amal Saleh beserta  cara penerapanya dalam kehidupan sehari-hari.
1.      pengertian amal saleh
secara bahasa amal saleh perbuatan baik. sedangkan secara istilah amal saleh dapat diartikan dengan perbuatan kebajikan yang di landasi iman kepada Allah SWT dengan niat memperoleh rida-Nya.

ada juga yang punya pendapat bahwa setiap amalan, asal mengandung kemanfaatan, baik diri sendir, oranglain maupun masyarakat luas dapat disebut amal saleh. pendapat lain mengatakan amal saleh mengatakan sebagai amalan yang sesuai dengan akal dan tidak bertentangan dengan Al-Qur’an maupun sunnah rasul.
banyak ditemukan ayat-ayat Al-Qur’an yang menyebutkan anjuran beriman dan beramal saleh. salah satunya adalah :
وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَا نُكَلِّفُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا أُولَٰئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ ۖ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ [٧:٤٢]
Artinya :dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, Kami tidak memikulkan kewajiban kepada diri seseorang melainkan sekedar kesanggupannya, mereka itulah penghuni-penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.( QS. Al-A’raf : 42)


Selain dari ayat-ayat Al-Qur’an. dalam hadits juga banyak ditemukan anjuran untuk beramal sahaleh yang salah satunya adalah :
عَنْ اَبي هُـرَيْـرَةَ رَضِـَي اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِذاَ ماَتَ ابْنُ اٰدَمَ اِنْقَطَعَ عَمَلُهُ اِلاَّمِنْ ثَلاَثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ اَوْعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ اَوْوَلَدٍصَا لِحٍ يَدْعُوْلَه. رَوَهُ مُسْلِمْ

Artinya : “Dari Abi Hurairah r.a,ia berkata,Rasulullah SAW.bersabda’apabila anak Adam (manusia) telah meningal dunia terputuslah semua amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah ilmu yang bermanfa’at, dan anak salih yang mendo’akan kedua orang tuanya,”( HR.Muslim )
Dari pengertian di uraian di atas amal saleh merupakan sifat mulia bahkan setiap langkah hidup kita bis dinilai sebagai amal saleh asalkan tidak menimbulkan kemadharatan.

2.      Contoh perilaku amal shaleh dalam ehidupan sehari-hari
Supaya amalan kita termasuk amal saleh maka harus diperhatikan beberapa syarat sehingga bernilai ibadah yakni
a.       Didasari dengan niat Ikhlas karena Allah SWT
b.      Dilakukan dengan Iman
c.       Tidak melakukan maksiat.
Selain syarat di atas perlu kita hindari amalan-amalan yang akan menghapus dosa. antara lain :
a.       sibuk mengurusi kesalahan orang lain.
umumnya mencari kesalahan orang lain sangat jeli, sementara kesalahan diri sendiri justru dilupakan begitu saja. sikap ini menunjukkan dirinya paling benar dan paling baik. oarang lain yang selalu salah.
b.      Dihinggapi penyakit hati
penyakit hati yang berkaitan dengan amal saleh adalah riya’, juhub. takabur, dan hasad.orang yang memiliki sifat ini sangat mengganggu hubungan dengan orang lain.
c.       cinta dunia secara berlebihan
seorang mukmin sejati lebih mencintai akhirat daripada dunia. oleh karena itu kehidupan dunia hanya dijadikan suasana ladang amal agar dapat di petik di akhirat.
d.      Tidak memiliki rasa malu
Rasa malu disini berarti malu dalam menjalankan perbuatan yang dilarang Allah. seperti melanggar hukum agama, peraturan pemerintah, atau tata krama di tengah lingungan masyarakat.
e.       Panjang angan-angan
sikap mengumbar ambisi dan rencana, tetapi tidak memperhatikan persiapan tertentu merupakan bagian dari sikap panjang angan-angan. pada dasarnya manusia diperbolehkan memiliki cita-cita, tetapi harus diukur dengan kemampuan dirinya sehingga tidak terjebak pada angan-angan belaka.
f.       berbuat zalim
zalim berarti merusak, zalim dapat berupa zalim pada diri sendiri, kepada orang lain, maupun zalim kepada Allah.

BERSAMBUNG......
mau cari materi PAI smk yang lain klik di daftar isi
Sumber :
Departemen Agama : 2015, Al-Qur’an dan Terjemahanya”, PT. Karya Azzahra Mandiri; Jakarta

Thoyar, Husni : 2011, “pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas XII”,pusat kurikulum dan perbukuan kementrian pendidikan Nasional

No comments: