Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Sunday, December 24, 2017

Contoh-Contoh Perkembangan Islam di indonesia ( Ilmu, kesenian, Hukum, Organisasi, dan Pembangunan Bangsa)


Sahabat Binsani telah kita ketahui di artikel sebelumnya tentang perkembangan islam di Indonesia, dalam artikel ini penulis akan berbagi pengetahuan contoh – contoh perkembangan Islam yang ada di Indonesia. Perkembangan Islam yang akan kita bahas disini adalah :

1.      Ilmu Keislaman
2.      Kesenian
3.      Hukum Islam
4.      Organisasi-organisasi Islam
5.      Pembangunan Bangsa


1.      Ilmu Keislaman
Setelah Islam di anut oleh para petinggi kerajaan, para ulamapun diangkat sebagai penasehat, hal ini merupakan kesempatan yang luas untuk menyebarkan Islam. Misalnya, untuk mencetak kader-kader mubaligh para ulama menyusun buku sebagai referensi pengetahuan untuk mubaligh.
Perkembangan pengetahuan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah didirikanya lembaga pendidikan Islam di tanah air. lembaga pendidikan yang dulu berbentuk pesantren bahkan sekarang pendidikan agamapun juga ada di dalam pendidikan formal seperti sekolah.

2.      Kesenian Islam
Dalam seni perlu kita teladani peran para wali yang mampu memasukkan nilai-nilai Islam melalui kesenian. Ada banyak bidang seni yang menjadi perhatian para ulama. salah satu diantaranya adalah seni arsitektur yang dapat kita lihat di masjid agung demak, menara kudus, masjid sunan ampel, dan masih banyak lagi. perkembangan kesenian tentu tidak lepas dari para ulama dahulu dalam menyiarkan agama Islam. melalui pendekatan-pendekatan yang mudah diterima masyarakat.
3.      Hukum Islam
Masuknya para ulama dalam kerajaan memberikesempatan untuk memasukkan ajaran Islam. salah satu contoh hukum Islam yang ada pada kerajaan Banjar pernah berdiri mahkamah syariah.
4.      Organisasi-Organisasi Islam
Keinginan umat Islam untuk terlepas dari penjajah merupakan dasar dari berdirinya ormas-ormas islam yang ada dimasyarakat. Organisasi Islam yang berpengaruh terhadap perkembangan islam diantaranya adalah :

a.       sarekat islam
Sarekat Islam berdiri di tahun 1909 M yang beranggotakan para pedagang islam. pemimpin organisasi sarekat islam R.M Tirtodisurjo.
b.      Muhammadiyah
Muhammadiyah didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan di Kauman Yogyakarta pada tanggal 8 Zulhijah 1330 H atau bertepatan dengan 18 November 1912M. Muhammadiyah dikenal sebagai organisasi yang telah menghembuskan jiwa pembaharuan pemikiran Islam di Indonesia dan bergerak diberbagai aspek kehidupan.


c.       Jong Islamiaten Bond (JIB)
JIB merupakan organisasi Islam yang anggotanya sebagian besar dari golongan elite pendidikan barat yang tetap memegang prinsip keislaman. JIB didirikan di Jakarta oleh para pemuda pelajar Islam.

d.      Nahdatul Ulama
NU berdiri pada tanggal 16 Rajab 1344H/ 31 Januari 1926 M di surabaya oleh K.H Hasyim Asyari dan K.H. Abdul Wahab Hasbullah. Tujuan didirikan organisasi ini untuk memperjuangkan ajaran Islam yang berhaluan ahlusunah waljamaah dan menganu empat mahzab (Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hambali)

e.       Al-Irsyad
gerakan Al-Irsyad dalam bidang pendidikan dan sosial keagamaan. organsasi ini didirikan oleh sebagian besar pedagang, pengusaha, dan ulama keturunan suku arab. Al-Irsyad berdiri pada tahun 1914M

f.       Persatuan Islam (Persis)
Tujuan persis adalah untuk memberlakukan hukum Islam sesuai dengan Al-qur’an dan sunnah. Persis didirikan pada tanggal 17 September 1923 oleh KH. Zamzam.
g.      Persatuan Tarbiyah Islamiayah (Perti)
perti dididirikan di Candung Bukittinggi tanggal 20 Mei 1930 M. Gagasan membentuk wadah ini dilatarbelakangi oleh perkembangan paham keagamaan di sumatra barat pada awal abad XX.
Peran serta umat Islam dalam pembangunan bangsa tentu tidak diragukan lagi. sejak zaman kolonial , umat Islam tampil sebagai penggagas lahirnya kemerdekaan. demikian halnya setelah kolonial berhasil ditumpas umat islam masih berperan dalam pembangunan mulai dari masa Orla, Orba, hingga Reformasi sekarang ini.
 sumber :
Thoyar, Husni : 2011, “pendidikan Agama Islam untuk SMA kelas XII”,pusat kurikulum dan perbukuan kementrian pendidikan Nasional




No comments: