Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Thursday, November 9, 2017

Kemajuan Perkembangan Islam pada masa Pembaharuan

Kemajuan Perkembangan Islam pada masa Pembaharuan
Sahabat Binsani yang budiman, setelah mengetahui alur munculnya perkembangan Islam pada masa modern, dalam artikel ini penulis akan menyebutkan dan membahas bidang-bidang kemajuan pekembangan Islam pada masa Modern antara lain Bidang Akidah, Bidang Ilmu pengetahuan, dan Bidang Politik.

1.      Bidang Akidah
Pada saat itu tauhid yang berkembang adalah tauhid yang menyesatkan. Kemurnian tauhid telah dirusak oleh ajaran-ajaran yang berkembang pada saat itu hal ini yang mendorong para pemikir muslim untuk melakkukan pembaharuan Islam. Salah satu tokoh pembaharu Islam adalah Muhammad bin abdul Wahab yang dikenal dengan gerakan wahabi.
Pembaharu Islam selain muhammad bin abdul wahab juga terdapat tokoh-tokoh pemabahru Islam yang lain seperti Muhammad Abduh, Rasyid rida’, syah waliyullah, sayyid Ahmad Khan,
2.      Bidang Ilmu Pengetahuan (Pendidikan)
Bidang ilmu pengetahuan (pendidikan) tidak luput juga dari sentuhan pembaharuan. Salah satu tokoh Islam di bidang Ilmu pengetahuan yaitu Muhammad Ali Pasha di mesir. Tokoh lain yang berperan dalam bidang Ilmu pengetahuan dan pendidikan adalah Rifaah Badawi Rafi’ at Tahtawi, Sultan mahmud II, Muhammad Abduh, Rasyid Rida, Ahmad Syahid, Sayyid Ahmad Khan.
3.      Bidang politik
Selain bidang Akidah dan bidang Ilmu Pengetahuan. Bidang Politik pun juga tidak lupa di sentuh oleh pembaharu Islam. Salah satu tokoh pembaharu Islam dalam bidang politik adalah Jamaluddin al-Afgani di Afganistan dan mesir. Tokoh lain yang membantu al-Afgani yaitu muridya bernama Muhammad Abduh.
Menurut Jamaluddin al-Afgani kemunduran yang dialami umat Islam bukan disebabkan oleh ajaran Islam, tetapi karena umat Islam itu sendiri telah meninggalkan ajaran-ajaran Islam yang sebenarnya dan mengikuti ajaran yang berasal dari luar Islam. Kemunduran dalam bidang poltik menurut Jamalludin disebabkan karena pudarnya persatuan dan kesatuan umat Islam. Pemerintahan yang bercorak otokrasi perlu dirubah menjadi pemerintahan demokrasi.
Selain Jamaluddin al-Afgani tokoh pembaharu Islam yang lain adalah Muhammad Abduh, Rasyid rida’, Syah Waliyullah dengan gerakan mujahidin, Sayyid Ahmad Khan dengan gerakan Aligarh-nya di India-pakistan. Selain itu ada juga Muhammad Iqbal dan Ali Jinnah, dua nama ini bergabung terkenal dengan liga muslimin di pakistan. Ada lagi Sultan Mahmud II, Mustafa kemal.
Selain pembaharuan Islam di dunia. Ternyata pembaharuan Islam juga terdapat di Indonesia. Ide  gerakan pembaharuan di Indonesia melalui dua cara. Pertama, melalui masyarakat arab. Baik yang ingin berdagang maupun yang ingin menetap di indonesia. Kedua, para jamaah haji dari Indonesia.
Jamaah haji yang berasal dari Indonesia melihat dan merasakan geliat pembaharuan yang terjadi didunia. Hal ini menjadi Inspirasi bagi mereka untuk melakukan hal yang sama di tanah air. Pelopor gerakan pembaharuan antara lain : syekh Ahmad Soorkati dengan jamiatul Khair dan Al Irsyad.
Di jawa ide-ide pembaharuan di usung oleh kiai Haji Ahmad Dahlan yang merupakan salah satu murid Syekh Ahmad khatib. Ahmad Dahlan tinggal di Mekkah beberapa tahun untuk belajar agama. Pengalaman ajaran dari gurunya membentuk kesadaran dan jiwanya guna melakukan perubahan terhadap praktik- praktik yang ada di masyarakat. Kiai Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah untuk memudahkan penerapan ide-ide pembaharuan yang diusungnya.
Demikian sebagian kecil perkembangan Islam yang terjadi pada abad pembaharuan. Masih banyak perkembangan yang belum dijelaskan dalam artikel yang sederhana ini. Dengan membaca uraian ini semoga para sahabat binsani memiliki gambaran tentang pembaharuan dan dapat memtik pelajaran darinya.

mau cari materi PAI smk yang lain klik di daftar isi

No comments: