Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Friday, October 20, 2017

Apa yang dimaksud Iman dan kitab-kitab Allah SWT

Apa yang dimaksud  Iman dan kitab-kitab Allah SWT

Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh
Sahabat Binsani tentunya anda memiliki Al-Qur’an dan Hampir setiap hari kita membacanya. Betul sekali Al-Qur’an merupakan kitab suci dari Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai petunjuk bagi orang yang beriman. Sebelum Al-qur,an diturunkan Allah swt telah menurunkan tiga kitab sebelumnya dan diturunkan kepada rasul –rasul sebelumya pula.
Sebelum penulis memabahas lebih jauh tentang kitab-kitab Allah Swt, disini akan penulis kemukakan apa itu Iman..? Iman secara bahasa adalah percaya. Sedangkan menurut istilah berarti mempercayai dengan sepenuh hati, diucapkan dengan lisan, dan diwujudkan dengan perbuatan. Iman kepada kitab Allah Swt berarti mempercayai dengan sepenuh hati dan diucapkan dengan lisan bahwa Allah Swt. Telah menurunkan kitab kepada rasul-Nya untuk dijadikan sebagai pedoman hidup. Keyakinan tersebut diwujudkan dalam tingkah laku sehari-hari. Sehingga orang yang beriman kepada kitab Allah swt tingkah lakunya berdasar pada isi kitab tersebut. Mereka senantiasa menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.
Kitab merupakan kumpulan wahyu Allah yang disampaikan kepada nabi dan rasul agar diajarkan kepada manusia sebagai petunjuk dan pedoman dalam menjalani kehidupan di dunia agar mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat. Allah telah menurunkan empat kitab kepada rasul-Nya, antara lain :


gb . kitab allah yang diturunkan kepada rasul-Nya


Demikian maksud dari Iman kepada kitab Allah Swt. Semoga berfanfaat

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabaraakatuh


No comments: