Media Dakwah, Pendidikan, Teknologi dan kesehatan

cari artikel anda disini

Friday, April 6, 2018

CARA MENARAPKAN IMAN KEPADA RASUL DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI




Beriman kepada Rasul tidak cukup hanya sebatas pengetahuan saja. akan tetapi, beriman kepada rasul juga perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana yang pernah kami tulis dalam artikel sebelumnya yang berjudul pada link-link di bawah ini :

Sebagai seorang muslim yang telah meyakini bahwa Nabi Muhammad saw sebagai rasulnya, berarti harus menerapkan ajaran beliau dalam kehidupan sehari-hari. Ajaran-ajaran beliau antara lain sebagai berikut :

1.      Berakidah yang benar
Orang yang beriman kepada Rasul haruslah memiliki aqidah yang kukuh dan tidak tercemar dengan keyakinan-keyakinan yang dilarang oleh agama. Dalam bidang aqidah dapat ditunjukkan dengan mengimani enam rukun iman yaitu : “Iman kepada Allah, Iman kepada mailaikat, Iman Kepada Kitab, Iman kepada Rasul, Iman kepada hari akhir, serta Iman kepada qodo dan qhodar.
Orang yamg memeiliki ke enam rukun iman yang tersebut di atas akan bersikap benar dalam menjalani hidupnya. Misalnya ; Oarang yang beriman kepada Allah akan selalu bersegera menjalankan Ibadah meskipun terasa berat baginya.

2.      Rajin Beribadah
Apabila seseorang telah merasa beriman kepada rasul, ia akan gemar menjalankan ibadah. pada dasarnya ibadah terbagi menjadi dua yaitu Ibadah mahdah, dan Ibadah ghairu mahdah.
Ibadah mahdah adalah bentuk ibadah yang ketentuanya telah diatur secara lengkap dalam syariat. Dalam menjalankan Ibadah ini harus berpedoman kepada syariat yang dibawa rasulullah seperti Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat dan Menunaikan Ibadah Haji (Rukun Islam)
Ibadah Ghairu mahdah dapat ditunjukkan dengan menjalankan setiap amalan kebajikan yang tidak melanggar syariat Islam untuk mendapatkan rida Allah. Orang yang beriman kepada Rasul, selalu menyikapi hidup sebagai sarana beribadah kepada Allah SWT.

3.      Bermualah secara tepat
Dalam menjalani hubungan dengan sesama ada tata cara tertentu yang harus kita perhatikan. Rasulullah membebri arahan kepada kita cara bermuamalah yang baik kepada sesama manusia dan makhluk lain. Misalnya dengan selalu menepati janji, gemar bersedekah, melestarikan alam, tidak mencarikesalahan orang lain, tidak berbuat kerusakan, menghormati orang tua, memudahkan urusan orang lain, tidak merugikan orang lain, dan tidak berselisih.
Bermualah yang baik kepada sesama manusia akan tercipta kehidupan yang bahagia. hali ini juga dapat diterpakan dalam berbagai lingkungan, mulai dari keluarga, sekolah, masyarakat,  hingga bangsa dan negara.

4.      Berakhlak Mulia
Rasulullah telah menunjukkan akhlak yang baik. Dalam Al-Qur’an dapat kita temukan berbagai ayat Al-Qur’an yang berisi perintah agar selalu menampilkan akhlak yang baik. Misalnya ; menghargai waktu, menjaga persatuan,  bersabar, tidak mudah marah, tidak memfitnah, menjadi saksi yang baik, memelihara amanat, dan gemar bersyukur. tidak hanya itu, kita juga diajarkan untuk tidak berlebih-lebihan, tidak pengecut, bersikap sederhana, tidak mudah putus asa, suka mawas diri, dan akhlak terpuji lainya.

5.      Berani menjadi pemimpin dalam rangka membela kebenaran.
Para Rasul merupakan contoh terbaik dalam kepemimpinan. Mereka menjalankan amanah kepemipinan tersebut dengan baik, misalnya dengan membimbing umatnya agar selalu menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganya. Sebagai umat yang baik, kita juga meneladani para rasul. misaalnya memiliki jiwa kepemimpinan yang dapat ditunjukkan dengan bersikap tanggung jawab, rendah hati, disiplin, dan peduli kepada sesama. selain itu, kita juga dianjurkan untuk memiliki sifat-sifat terpuji yang dimiliki rasul seperti sidiq, amanah, tabliqh, dan fatonah.



No comments: